Sunday, April 22, 2012

Trash your body lotion, now!

Selesai mandi, terus pakai body lotion..duh, rasanya enak banget di kulit ya. Belum lagi *harapan* kalau body lotion ini bikin kulit tambah putih kayak model iklan.
Oi, oi... wait.... Nomor satu: body lotion yang beredar di pasaran mengandung banyak banget bahan kimia nggak penting dan potensial berbahaya. Yang kedua: kulitmu nggak bakal tambah putih hanya dengan body lotion. Anyway, kenapa sih pingin putih? Kulit coklat itu keren, lagi...

Ini dia kandungan di body lotion yang dulu setia saya pakai: methyl paraben, propyl paraben (mengganggu sistim hormonal), DMDM hydantoin (dicurigai bisa melepaskan formalin yang karsinogenik), ceteareth (potensial tercemar 1,4 dioxane, karsinogenik), dan lain lain dan lain lain.... OMG....!

Sekarang saya pakai body oil untuk melembabkan kulit. Bahannya di bawah ini, semuanya bisa didapat di Ranch Market. Saya buat 50 mL untuk setiap batch, dan itu sudah cukup untuk 2-3 minggu. Manjur nggak? Ya pasti lah! Selain itu, Macadamia oil-nya cepat menyerap di kulit dan nggak oily, oke banget. Jadi kalau komposisi di bawah ini terasa terlalu berminyak untuk kulitmu, silakan dikurangi olive + coconut oil nya.


All-purpose Body Oil

30 mL macadamia oil
10 mL extra virgin olive oil
10 mL coconut oil
5 tetes essential oil favoritmu (saya sukanya rose essential oil)

Ukuran praktisnya: 1 sendok = kurang lebih 5 mL

Oh iya, body oil ini bisa juga dipakai untuk melembabkan ujung rambut, nail & cuticula oil,  dan sebagai eye make-up remover. Kalau mau dipakai untuk eye make-up remover, sebaiknya nggak usah dikasih essential oil biar nggak pedas di mata. Essential oil bisa dibeli di mana-mana, cuma tolong pastikan isinya 100% essential oil dari bunga atau tumbuhan lain tanpa campuran.

Campuran ini tinggal ditaruh di botol semprot kecil biar praktis pakainya dan nggak tumpah-tumpah kalau dibawa traveling. Botolnya bisa dibeli di supermarket, banyak kok.

By the way, macadamia oil ini sekarang lagi jadi trend baru lho. Ternyata macadamia oil mengandung jumlah palmitoleic acid tertinggi di antara minyak-minyak tanaman lain. Palmitoleic acid ini mirip sekali dengan sebum atau minyak  yang secara alami di kulit kita. Vitamin E dan antioksidan-nya juga tinggi. Kalau olive oil dan coconut oil nggak usah dijelaskan juga semuanya sudah tahu manfaatnya kan. Cuma, macadamia oil ini lebih cocok untuk body oil karena lebih gampang menyerap dan kulit kita nggak jadi kelihatan berminyak gitu.


Kalau masih kurang puas, pingin kulit lebih halus lagi... ayo kita scrub pakai mochacino body scrub. Next post...!


9 comments:

ivy said...

salam kenal mba.. aku mau numpang tanya. kalau mau beli natural essential oil di jakarta dimana ya? thanks before :)

The Curious Traveler said...

Hi Ivy..
Aku belinya di Taman Sari Spa, Jl.Wahid Hasyim. Koleksinya lumayan banyak, harganya terjangkau, favoritku rose dan polianthes tuberosa (sedap malam).
Aku belum bisa confirm sumber essential oil dan metode ekstraksinya, percaya sama nama besar Mustika Ratu aja :)

Kalau mau beli online, coba cek www.naturesgift.com. Mereka benar benar menjelaskan asal essential oil nya dengan detail.

Good luck trying your own body oil ya!

Dita said...

Hi mba, mau tanya, essensial oil dari taman sari harganya berapaan ya?
Tq :)

The Curious Traveler said...

Halo Dita,
Harganya sekitar 50-100 ribuan gitu (aku agak lupa). Terjangkau banget deh...
Pakainya sedikit banget jadi awet :)

Annisa Manurung said...

halo :) terima kasih utk resepnya, saya mau coba! suka banget dengan blog mbak, kebetulan saya juga suka dengan segala sesuatu yg serba natural apalagi utk perawatan diri.. mau tanya mengenai essential oil yang mbak beli dari mustika ratu.

setahu saya, rose essential oil harganya mahal sekali karena diperlukan bahan baku yang sangat banyak utk membuatnya dan juga metodenya yang labor-intensive. rose essential oil yang kandungan rose absolute-nya hanya 5% pun harganya sangat mahal. apalagi essential oil sedap malam, setahu saya produksinya hanya sedikit di seluruh dunia dan lebih mahal lagi dari rose. jadi kalau melihat harga yang mbak sebut sekitar 50-100 rb rupiah, saya jadi meragukan kemurniannya.

saya masih mencari sumber essential oil yang terpercaya, dulu suka beli yang suka dijual di drug store, l'occitane atua body shop, tapi sekarang udah pada ga jual lagi yang murni essential oil, sedih deh.. :(

The Curious Traveler said...

Halo Annisa,
Aku setuju dgn Annisa, sekarang setelah sering browsing aku juga agak-agak ragu dengan kemurniannya. Apalagi di kemasannya nggak dijelaskan dan mbak-mbak yg di Taman Sari Spa juga nggak bisa menjawab.
Untuk pengharum ruangan aku masih pakai Mustika Ratu/ Taman Sari, tapi untuk kulit sekarang aku beli online dari www.naturesgift.com dan juga dari Ananda Apothecary. Koleksinya komplittt, trus dia juga menjelaskan asalnya, plus metode ekstraksinya. Ananda Apothecary harganya lebih murah dari naturesgift.
Mereka deliver internasional, atau lebih bagus (lagi-lagi) nitip sama yg lagi traveling ke US...
Semoga membantu ya...
Aku mau share berikutnya tentang pelembab wajah yg bahannya semua aku beli dari Ananda Apothecary...

Annisa Manurung said...

halo mbak, makasih banget utk reply-nya yang sangat cepet :D hihi.. oh gitu, ok mbak, ini lg aku liat2 websitenya! :) kl aku nemu essential oil yg bagus di jakarta, aku kabarin mbak deh ya.. ini kyknya mau nitip dr saudara yg lg ke australia. hehe..

wahh ga sabar nunggu resep berikutnya :D

Unknown said...

Hallo salam kenal mba, mau tanya kalo itu extra virgin oil nya yg biasa buat makan? Atau khusus utk kulit?

ida said...

Pas baca di blog ini, jd pengen bikin body lotion sendiri. thx for sharing recipe..
Oh iya, di komen ada yg bbrp ngerasa raguin eo mustika ratu, menurut awam sy (kata pribadi saya loh ya ), harga eo mustika kenapa murah karena, stlh sy cek mereka pakai bahan-bahan yg ada di Indonesia, termasuk mawarnya, ditulis Indonesian Rose.klo eo seperti merk YL, sepertinya kan mawar luar tuh, entah dari negara mana, trus dibeli, trus diproduksi jd, lagian mereka mlm, jdnya harganya jd lebih mahal.
harga yg di singapura kan lebih mahal 25% dr yg di amrik. trus biaya krm dr singapura ke indonesia dicharge lg 24%, trus pake MLM nah mahal deh.
trus mungkin jg nih eo YL bisa buat diminum jd mahal lg, klo yg mustika sepertinya eo-nya hanya untuk dipakai luar kulit saja. jadi, kemungkinan karena bahan bakunya dr Indonesia n so pasti mereka punya kebun/supplier bunga dr Indonesia harganya lebih miring.
ga hanya di mustika ratu, di martha tilaar jg eo nya sepertinya hanya yg tumbuh banyak di Indonesia, jd ya harga terjangkau deh.
merk BS jg memang mahal karena dia mengambil dari bbrp bahan baku di bbrp negara, seperti cendana (sandalwood) buat bbrp produknya mereka import dr Indonesia, nah dibeli lg ama orang Ina harga pasti mahal dong.