Thursday, March 29, 2012

Dr Bronner Rose Liquid Castille Soap

Setelah bertahun-tahun secara nggak sadar pakai berbagai bahan kimia nggak jelas untuk mandi, saya dengan bangga menyatakan sekarang saya mandi pakai sabun! Hanya sabun!


Sabun dr.Bronner ini sudah dibuat oleh dr.Bronner dan keluarganya sejak tahun 1948. Karena concentrated, cukup dipakai sedikit saja sudah berbusa. Wanginya bunga mawarnya pun lembut dan segar (jangan mengharapkan wangi yang terlalu spektakuler ya, itu malah nggak alami). Di kulit terasa enak, selain untuk badan saya juga pakai untuk wajah dan oke-oke saja.

Sabun ini dibuat dari olive oil, coconut oil, jojoba oil, dan hemp oil*, yang semuanya disertifikasi organik. Ada tambahan vitamin E dan asam sitrat yang saya rasa untuk menetralkan sabun yang bersifat agak basa sehingga lebih lembut di kulit. Asam sitrat ini secara natural terkandung di jeruk dan lemon. Oh ya, dr.Bronner juga sudah bergabung dengan Campaign for Safe Cosmetics, jadi makin pede pakainya.

Sayangnya, sabun dr.Bronner belum ada di Indonesia, tapi bisa dibeli di Singapura. Saya sih nitip teman yang pulang dari Eropa (hehehe, hobi nitip belum sembuh) dan order online. Harganya lumayan terjangkau, sekitar $15 untuk 475 mL/ setengah liter kurang sedikit. Itu bisa tahan sampai tiga bulan lebih lo, karena concentrated banget. Btw, selain yang rose, ada juga yang peppermint, levender, dan unscented.



*Sebagai catatan, proses pembuatan sabun itu adalah proses reaksi antara minyak/lemak dengan sodium/potassium hidroksida, menjadi sabun dan gliserin. Jadi kalau ada yang klaim kalau sabunnya tidak dibuat dengan sodium/potassium hidroksida, itu namanya bercanda, guyonan.

10 comments:

nadia said...

wah, seneng banget akhirnya nemu blog ya review produk-produk organik. sayangnya barangnya jarang ditemuin di indo. huks. ngiler banget padahal sama dr.bronner's liquid castile soap nya =( . aku juga skarang udah mulai buang2in produk yang ada harsh chemical nya. which is sbnrnya semuanya . haha -__-. mau buat homemade shampoo atau sabun, salah 1 ingredientnya ujung2nya pake dr.bronner castile soap (huks lg). btw udah coba egyptian magic cream blom mba? tuh review ny bagus banget di internet. udah masuk indo lagi. yippy. tp awas dapet yang palsu. harus pinter2 milih. hehe. btw salam kenal ya mbaaa.

The Curious Traveler said...

Hai Nadia, salam kenal ya... Senang banget ketemu sesama pecinta organik. Aku baru tau nih kalo egyptian cream udah masuk ke Indo, kemarin baru lihat di lovelula.com tapi keder ngelihat harganya... hahaha..
Oh ya, untuk sabun natural, aku sempat beli di Milas Jogja. Aku masih giat cari sabun natural di Indo nih, riset-riset dulu untuk memastikan beneran natural sebelum sharing di sini. xoxo & keep in touch yaaa...!

clevereto said...

Coba sabun naturalnya GMS (Green Mommy Shop) aja.. web-nya http://gms.hadeyazah.org/
Semua sabunnya homemade dan tanpa bahan kimia.

Anonymous said...

hi all, salam kenal ya. Aku juga termasuk pencinta produk2 organik. Selama ini aku pakai sabun muka dan mandi dari Serambi Botani. Serambi Botani itu adalah hasil dari UKM2 di bogor yang sudah diteliti dan disetujui oleh IPB.
Oia untuk sabun Dr Bronner's itu aku juga sempat baca di artikel2 di internet. Kalau ada yang beli lagi, boleh dong titip. karena aku udah coba titip temen yang sdng ke Singapore atau Toronto mereka gak tau nyarinya di mana. Ada yang punya info gak kalo di di Singapore itu belinya di mana?

Thank you ya sharing nya.

yetty said...

Aku dpt say produk dr.bronners titipvsm temenku yg ke singapur, belinya di toko Watsons

deeana said...

Untuk yang minat ama produk ini klik https://www.facebook.com/dr.bronnersjakarta?sk=insights atau bisa pesan via bbm 238571F5 dan via phoe +62 8194048434 :)

nature glory said...

Untuk pemesanan Dr Bronners di Indonesia bisa menghubungi PT. Palmerindo Lestari di 02172801863

Unknown said...

Therapeutic Grade aromatherapy dari Young Living bisa follow IG @etcetera.shop ya.. thanks.

Anonymous said...

Jika ingin mencoba shampoo yang betul-betul organik dan home made dapat mencoba produk Cantika dan sekarang sudah dijual online di www.thecleanbeauty.com

Organicia_beauty said...

Hello..untuk kalian yang suka banget pake produk-produk organik, skrg ada yg jual lho di jakarta.
bisa dilihat2 di instagram : @organicia_beauty
Semua produk yg dijual 100% organik