Thursday, March 29, 2012

Dangerous Chemicals in Our Cosmetics

Kenapa sih saya sekarang selalu ngotot organic, natural?

Selama ini saya selalu jadi cosmetic junkie. Semua merek dan tipe kosmetik dicobain (walaupun hasilnya tampang saya tetap gitu-gitu aja, hehehe). Tapi setelah tersadar, bahwa kosmetik yang kita pergunakan tiap hari itu ternyata banyak mengandung bahan berbahaya, saya bertobat deh.
Tekad saya yang lain, mau share dengan teman-teman tentang bahan berbahaya di kosmetik dan menghindarinya. Maaf ya, di sini banyak nama-nama kimia. Tapi, kita harus tahu karena ini demi kesehatan kita dan orang-orang yang kita sayangi juga! Setelah baca list ini, silakan cek semua kosmetik Anda (termasuk shampoo, body lotion, shower gel, foundation, dll). Jangan percaya klaim di kemasan yang menyebut "natural", "alami" (sama aja kali), tapi cek dulu kandungannya. Saya juga sarankan untuk riset sendiri lebih lanjut di web. Web favorit saya adalah web nya David Suzuki foundation.

Daftar di bawah ini saya pilih dari yang paling banyak ditemukan di kosmetik dan produk personal care kita.

Top 5 bahan kimia berbahaya di kosmetik/ personal care products:

1- Paraben
Paraben digunakan sebagai pengawet dan ada di sekitar 75%-90% kosmetik yang kita gunakan. Paraben di kometik ada bermacam jenisnya, contohnya: Methylparaben, butylparaben, propylparaben, dsb. Paraben dikategorikan mengganggu sistim hormonal, karena bersifat xenoestrogen (memiliki sifat yang mirip dengan estrogen, hormon primer wanita). Estrogen yang berlebihan dikaitkan dengan kanker payudara, endometriosis, kanker prostat.

2-Phtalate
Phtalate sering digunakan di cat kuku supaya lebih tahan lama, juga menjadi komponen parfum.
Seperti paraben, phtalate dikategorikan sebagai xenoestrogen; mengganggu sistim hormonal, mengurangi kesuburan, dan berbahaya bagi janin.
Kalau digunakan sebagai parfum/ pewangi, biasanya di label tidak disebutkan kalau mengandung phtalate, hanya "fragrance" atau "parfume" saja, sehingga sulit dideteksi. Sebaiknya, hindari produk yang hanya mencantumkan "fragrance" atau "parfume" saja di kandungannya, tanpa detail lebih lanjut.

3-Formaldehyde
Formaldehyde itu sama dengan formalin. Karsinogenik alias menyebabkan kanker! Beberapa produk cat kuku dan penguat kuku masih mengandung formaldehyde, jadi tolong cek labelnya baik-baik.

4-Sodium Lauryl Sulphate dan Sodium Laureth Sulphate
Digunakan di shampoo, sabun cair, dan berbagai macam produk pembersih lainnya, sebagai pengganti sabun. Sodium Lauryl Sulphate (SLS) sudah jelas dikategorikan sebagai iritan, menghilangkan kelembaban alami kulit dan menjadikannya kering. Untuk menjadikannya lebih lembut, produsen kosmetik memproses SLS lebih lanjut menjadi Sodium Laureth Sulphate (SLES). Sayangnya, meskipun lebih lembut, proses ini potensial menjadikan SLES terkontaminasi 1,4 dioxane* yang dikenal karsinogenik, menyebabkan cacat lahir, racun bagi syaraf (neurotoxin), dan racun bagi ginjal.

5-DEA (diethanolamine), TEA (triethanolamine), MEA (monoethanolamide) 
Digunakan untuk membuat kosmetik terasa "creamy" dan menghasilkan busa. Berpotensi membentuk nitrosamines yang tergolong karsinogenik (menyebabkan kanker).

*selain SLES, produk yang mengandung PEG (polyethylene glycol) dan propylene glycol juga berpotensi tercemar 1,4 dioxane

Top dangerous chemicals (lebih komplit dari yang di atas, dan diulas lebih detail) ada di sini

No comments: